Industri Kopi Kemasan, di Era Kekinian.
- Nov
- 02
- Posted by STAIINDO
- Posted in Artikel, Corat Coret, Kegiatan
- off

Kolom Corat-Coret, November 2019, Jakarta-DALAM rangka seminar pendidikan yang diselenggarakan oleh pihak Sekolah Tinggi Agama Islam Indonesia, STAIINDO Jakarta. Acara perdana ini juga menampilkan beragam stand-stand dan tenant yang menjajakan beraneka macam jenis jualan. Mulai dari menjual busana muslim dan muslimah, juga perlengkapan kosmetik, make-up dengan produk mashur. Serta ada pula macam-macam kuliner, snack makanan ringan dan minuman dingin yang mayoritas diproduksi secara home-made. Salah satu tenant atau produsen yang turut serta mengikuti kegiatan, menuturkan bahwa produknya tersebut adalah hasil pengelolaan dari swadaya masyarakat atau UKM.

Berbicara masalah kopi emang ngga ada habisnya. Semakin menampilkan kemajemukan, dan berani dalam bertransformasi. Baik segi desain kemasannya, juga varian rasa dari kopi kemasan itu sendiri.
“Produk kopi susu dingin d’COFFEE ini, yang paling diminati oleh para pembeli. Harganya kisaran 15 ribu rupiah saja, sangat sepadan dengan kualitas taste kopinya.” pukas Ibu Indri, ketika diwawancarai di stand miliknya tersebut.
Produksi yang dihasilkan berlabel d’COFFEE, dan dibuat dalam skala industri rumah tangga tetapi memiliki daya jual tinggi seperti di minimarket mainstream yang sudah ada. Kopi dingin yang memiliki tujuh varian rasa di antaranya; Coffe Latte, Coffe Chocolate, Coffe Americano Bittle, Cold Brew, Chocolate Milk, dan Match Milk. Sajian minuman kopi kemasan yang kekinian ini, mengadopsi dari tren lifestyle ‘Model Food Grade’ atau ‘Edible Packaging’.
Sehingga desainnya eksklusif, inovatif, baik dari tampilan kemasan juga kualitas rasa dari setiap varian yang dijajakan. Kopi kemasan memang semakin merebak di belbagai tempat, bahkan sampai merambat ke ritel modern, industri ekonomi kreatif, cafetaria juga kedai-kedai zaman now yang nge-hits bagi kalangan milenial. Produk UKM yang menghasilkan kopi kemasan dengan label d’COFFEE ini mesti tidak colourfull, tetapi tetap bisa bersaing dengan produsen serupa. Serta menarik minat konsumen pemula dan bukan hanya membidik para pecinta kopi saja. Desain simple, elegan dan kece yang ditampilkan dari produk d’COFFEE ini bisa meningkatkan daya jual produk-produk home-made.

Nah, saatnya kaum milenial atau Generasi Zaman Now!. Siap juga untuk segera memulai berbisnis kopi kemasan semacam ini.
Jakarta, November 2019.
AMR.
Categories
- Artikel
- Berita
- Betawi Corner
- Info Akademik
- Kegiatan
- Materi Kuliah
- PODCAST STAIINDO
- Promosi
- Uncategorized
Archives
- December 2024
- November 2023
- September 2022
- August 2022
- November 2021
- October 2021
- September 2021
- August 2021
- July 2021
- June 2021
- May 2021
- April 2021
- March 2021
- January 2021
- December 2020
- November 2020
- October 2020
- September 2020
- August 2020
- July 2020
- June 2020
- May 2020
- April 2020
- March 2020
- January 2020
- December 2019
- November 2019
- October 2019
- September 2019
- July 2019
- February 2018