Ibn Sina: Life, Thought and Legacy

A full day seminar organized by IPI Bentala Yogyakarta

Sinopsis: Penghapal Qur’an sejak belia. Bapak kedokteran modern dengan kitab Canon-nya yang masyhur. Jembatan bagi filsafat Yunani dan teologi Kristen sekaligus modernitas Barat.

Tiga deskripsi tersebut begitu lumrah disematkan pada sosok Ibn Sina (980 – 1037 M), tetapi hal itu pula yang membuatnya mendapatkan reaksi beragam dari dalam umat Islam sendiri. Sebagian menilainya rujukan utama kemajuan, karena kerja-kerja keulamaannya dalam mengapropriasi filsafat Yunani. Sebagian yang lain, seperti Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali, menilainya secara kritis menyimpan beberapa persoalan mendasar yang bertentangan dengan aqidah Islam. Sebagian yang lain lagi malah menolak pemikirannya mentah-mentah, kemudian mengafirkannya.

Tetapi karya-karyanya tetap lestari hingga kini, mengundang para sarjana dari pelbagai wilayah, posisi epistemologis, dan kepentingan, untuk terus mengkaji karya-karyanya. Di dalam seminar ini, kita akan mengenali dan mendiskusikan riwayat hidup, pokok-pokok pemikiran, dan warisan intelektualnya yang berharga, dengan merujuk langsung beberapa teks kunci pemikiran beliau. Dengan demikian, kita bisa merumuskan sendiri sikap seperti apa yang paling sesuai dan adil terhadapnya, lalu menjadikannya landasan intelektual bagi segala kegiatan keilmuan kita sekarang.

Waktu: Ahad, 29 Desember 2019, Pukul 09:00 – 15:00 WIB (termasuk ishoma)

Tempat:Ruang Sidang 1, Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada 

Materi: Sesi I: 9.00-10.30 >Ibn Sina’s life & works
Sesi II: 10.30-11.30 > Ibn Sina’s psychology & epistemology
Sesi III: 12.45-14.00 >Ibn Sina’s metaphysics
Sesi IV: 14.00-15.00 >Ibn Sina’s cosmology

Pendaftaran: bit.ly/KS-IbnSina (sertakan unggahan bukti transfer)

Pemateri: Dr. Syamsuddin Arif, M.A.(Dosen Program Pascasarjana Aqidah dan Filsafat Islam, Universitas Darussalam Gontor)

Biaya: Rp100.000/orang transfer ke BNI Syariah 0853781775 a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara.
NB. Biaya pendaftaran sebagian besar dialokasikan untuk fasilitas pendidikan dan kegiatan Yayasan.

Fasilitas: Snack, makan siang,makalah, dan teks-teks Ibn Sina

Narahubung: 0822 6101 6745 (Alam [WhatsApp]) Acara ini terbatas untuk 50 orang.

Print Friendly, PDF & Email
Translate »
error: Content is protected !!